Wednesday, January 10, 2007

MAIN PLAY STATION

Jemari kecil anaku menari lincah di atas stick Play Stasion.
Matanya penuh konsentrasi ke pesawat televisi
Jari-jarinya memencet tombol kiri kanan dan atas bawah
Sesekali badannya ikut bergoyang.

Kalau jagoannya kalah, ia berseru kesal, Accccch, teriaknya!
Lalu ia berbalik dan memandangku
Apa? Tanyaku heran
”Mama bisa tidak?” tanyanya

”Bisa apa?” tanyaku
”Main PS?” jawabnya
”Ya, bisa dong! Jawabku lagi
”Ayo main, lawan aku?” tantangnya

Siapa takut! Seruku sambil maju dan duduk mendekat.
Satu stick lagi di aktifkan dan aku memegang satu

Di layar tivi, dua jagoan siap bertarung
Aku yang pakai baju biru, kata anakku
Itu artinya jagoanku yang memakai baju merah.
Rupanya, dia belum kenal mamanya!

Tak lama, kami berdua sudah tenggelam dalam pertarungan
Walau hanya di Play station namun cukup mengundang emosi
Beberapa kali kubiarkan aku kalah
Strategi ini perlu untuk menumbuhkan rasa percaya diri anakku

Permainan usai dengan score 5-3 untuk kemenangan Bas.
Anakku datang mendekat lalu memelukku
”Terima kasih ma, sudah ditemani” ujarnya senang
”Terima kasih juga karena mengajak mama bermain” jawabku

”Aku tahu mama mengalah” tiba-tiba ia berkata demikian
terkejut? Pasti. Aku hanya melongo.
’Jangan takut ma, aku sudah siap kalah! Ujarnya lagi sambil tertawa
Tinggal aku yang tersipu malu, anakku sudah mengerti!

Memang, kalah dan menang adalah hal biasa.

(Icha Koraag 9 Januari 2007)

No comments: