Tuesday, September 12, 2006

BODOHKAH AKU…….???

Aku pusing……
Aku bingung
Sebenarnya…..Bodohkah aku…???

Barangkali aku memang bodoh….!
Huh…tapi nanti dulu
Aku tamatan S1.
Skripsiku dapat kupertanggung jawabkan,
Walau bukan cumlaude
Tapi nilai B juga lumayan.

Nah…itukan artinya aku tidak bodoh.
Jadi siapa yang bodoh…?
Mengapa aku sulit sekali memahami
Konsep yang ditawarkan calon presiden Indonesia.

Kenapa aku bingung…?
Yang ditawarkan baru konsep tapi yang mencela,
Sudah banyak banget.
Mulai dari layak atau tidak layaknya konsep tersebut direalisasikan
Sampai konsep-konsep yang tidak masuk akal.

Masak mau berantas KKN
Tapi anggota DPRD bermasalah tetap diizinkan dilantik.
Lalu ada partai yang pada putaran pemilihan legislative
Antipati pada partai tertentu….eh..ala sekarang mendukung.

Istilah politik dagang sapi
Kembali jadi topik perbincangan masyarakat.
Mulai di warung kopi kaki lima sampai di cafe daerah Kemang dan Sudirman.
Walaupun kalau ditanya lebih detil,
Hmmm….. aku berani jamin,
kebanyakan tidak paham artinya politik dagang sapi.
Istilah lain jual kursi atau jual jabatan.
Nah yang terakhir jelas sangat hina.

Tapi apa mereka paham artinya hina?
Atau lebih menakutkan lagi kalau mereka gak tahu yang dimaksud dengan harga diri.
Jadi bagaimana mereka bisa merasa terhina?
Kalau yang dimaksud harga diri tidak tahu.
Wwiiiih….seram sekali…!!!

Tuh…kan, aku jadi lebih pusing.
Lebih parah lagi pusing membuatku jadi bingung.
Kata orang kalau bingung pegang jempol.
Jempol dipegang, pusing dan bingungku gak berkurang.
Salah pegang jempol,…barangkali!
Habis jempol siapa yang harus ku pegang.

Atau aku harus angkat jempol untuk mereka yang mampu membuatku pusing?
Karena kalau aku gak pusing dan gak bingung.
Aku bisa berpikir…
Bahwa orang seperti aku di tanah air bukan cuma satu.
Apaka ini bagian dari proses pembodohan jangka panjang….?


Jakarta, Agustus 2004

No comments: